buah delima

Ciri Umum Dan Kandungan Gizi Buah Delima

Delima yang dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan nama punica granatum adalah salah satu tanaman buah-buahan dengan ketinggian pohon bisa mencapai 8 meter. Tanaman yang diperkirakan berasal dari iran ini banyak dikembangkan di daerah mediterania, penyebarannya sudah mencapai wilayah cina dan asia tenggara baik pada daerah sub tropik ataupun tropik.

Delima dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian dibawah 1.000 m dpl. Dapat berkembang dengan baik dengan media tanah gembur dan tidak banyak mengandung air. Pebanyakan tanaman delima bisa dilakukan dengan cara stek, tunas akar dan cangkok.

Ciri Umum Dan Kandungan Senyawa Delima

Memiliki buah yang menarik dengan rasa manis menyegarkan, menjadikan delima banyak ditanam sebagai tanaman buah, dan tanaman hias, bahkan sebagian orang menggunakan delima sebagai tanaman obat karena beberapa khasiat yang dimilikinya.

Ciri-ciri umum tanaman delima
Tanaman berupa perdu dengan tinggi antara 2-5 meter, sebagian bisa mencapai ketinggian maksimal sekitar 8 meter.
Batang berkayu, dengan tumbuh bercabang banyak, ranting bersegi, lemah dan terdapat duri pada ketiak daunnya. Batang berwarna coklat ketika masih muda, dan berubah menjadi hijau kotor ketika tua.
Daun tunggal bertangkai pendek, tumbuh berkelompok. helaian daun berwarna hijau dengan bentuk lonjong sampai lanset dengan bagian pangkal lancip dan bagian ujung tumpul, tepi daun rata, tulang daun menyirip, bagian permukaan mengkilap. Ukuran daun: panjang 1-9 cm, lebar 0,5-2,5 cm.
Bunga tunggal dengan tangkai pendek, tumbuh pada bagian ujung ranting atau bagian daun paling atas. Warna merah, putih, atau ungu, bunga tumbuh sepanjang tahun.
Buah delima berbentuk bulat dengan diameter 5-12 cm, warna kulit buah beragam, antara lain putih, hijau keunguan, coklat kemerahan, dan ungu kehitaman. Buah delima berbiji banyak, berukuran kecil-kecil dengan bentuk bulat panjang yang bersegi-segi agak pipih, tekstur biji keras dan posisinya tidak beraturan. Warna biji buah delima juga beragam, mulai dari merah, merah jambu, dan putih.
Dalam perkembangannya, dikenal tiga macam delima, yaitu delima ungu, delima merah, dan delima putih

Kandungan gizi buah delima
Buah delima dikenal mengandung banyak sekali unsur / senyawa kimia penting dan bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah sejumlah kandungan gizi dalam buah delima untuk anda ketahui.

Kandungan gizi delima / 100 gr
Energi 346 kJ (83 kcal)
Karbohidrat 18,7 g
Gula 13.7 g
Diet serat 4,0 g
Lemak 1,2 g
Protein 1,7 g
Thiamine (Vit. B1) 0.07 mg (5%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,05 mg (3%)
Niacin (Vit. B3) 0,29 mg (2%)
Asam pantotenat (B5) 0,38 mg (8%)
Vitamin B6 0,08 mg (6%)
Folat (Vit. B9) 38 mg (10%)
Vitamin C 10 mg (17%)
Kalsium 10 mg (1%)
Besi 0,30 mg (2%)
Magnesium 12 mg (3%)
Fosfor 36 mg (5%) Kalium 236 mg (5%)
Seng 0,35 mg (3%)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *